Blog Maswit

penerjemah dan kehidupannya

Cari di Blog Ini

Syawal berulang...


Allaahu akbar! Allaahu akbar! Allaahu akbar! Laa ilaaha illallaahu Allaahu akbar! Allaahu akbar wa lillaahilhamd!

Gema takbir yang berkumandang setelah azan maghrib tahun ini, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, adalah penanda berakhirnya Ramadhan. Sekaligus dimulainya Syawwal 1440 H.

Bagi muslim, Syawwal adalah saat bertemunya rasa sedih saat berlalunya Ramadhan dan bahagia penuh harap akan ampunan-Nya. Sedih karena berakhirnya bulan penuh 'bonus' pahala. Bulan yang seluruh kebaikan dilipatgandalan pahalannya oleh Allah. Sedih karena belum tentu akan bertemu Ramadhan tahun depan, juga sedih karena tak yakin ibadah selama Ramadhan akan diterima oleh Allah.

Namun, di saat yang sama, terpancar harapan bahwa Allah akan mengampuni segala dosa dan menerima seluruh ibadah Ramadhan. Suka karena di 1 Syawwal, hari raya Idul Fitri, akan bertemu dengan orang tua, kerabat, dan handai taulan yang mungkin lama tak bersua. Meski ini 'hanya' budaya Melayu, tapi tetap saja menimbulkan rasa suka cita.

Syawal tahun ini, sama seperti Syawwal sebelumnya, segala sedih dan asa berpadu, disertai harapan akan benar-benar mengalawi 'syawwal' alias peningkatan.  sama seperti sebelumnya, kita senantiasa berdo'a, semoga hari esok lebih baik. Aamiin.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Diari dengan judul Syawal berulang.... Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://www.maswit.id/2019/06/syawal-berulang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Maswit - 11 Juni 2019

Belum ada komentar untuk "Syawal berulang..."

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar Anda. Tapi jangan spam, ya...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *